MYOB adalah program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat.

la_1

Screenshot diatas adalah tampilan awal MYOB Premier. Terdapat 5 pilihan pada welcome screen MYOB yaitu Open untuk membuka file yang sebelumnya telah dibuat, Create untuk membuat file perusahaan baru, Explore untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan , What’s New untuk menampilkan fitur-fitur apa saja yang baru di versi MYOB yang sedang dipakai ini, dan Exit untuk menutup program.

Untuk memulai membuat data perusahaan baru yaitu dengan mengklik pilihan Create dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

la_2

Klik Next untuk mulai mengisi data.

la_3

Pada Company Information terdapat kotak-kotak kosong tempat kita akan mengisikan data perusahaan. Pada kotak Serial Number diisi nomor serial software yang terdapat pada kartu registrasi dan dibelakang tempat CD  apabila kita membeli CD Software MYOB.

  • Pada Company Name diisi nama perusahaan.
  • UEN No. untuk Nomor ijin usaha.
  • GST No. untuk Nomor NPWP.
  • Kotak Address untuk mengisi alamat perusahaan.
  • Kotak Phone Number tempat untuk memasukkan nomor telepon perusahaan.
  • Fax Number untuk nomor fax
  • Email Address untuk alamat email.

Setelah kotak-kotak terisi dengan data perusahaan maka klik next.

la_4

Pada Account Information berisi informasi data yang harus kita isi berdasarkan tahun akuntansi perusahaan.

  • Pada Current Financial Year diisi tahun keuangan sekarang.
  • Pada Last Month of Financial Year diisi bulan terakhir pada tahun keuangan perusahaan.
  • Pada Conversion Month diisi dengan bulan dimana dimulai mengisi transaksi, biasanya pada Conversion Month akan otomatis dimulai pada bulan dimana kita mengisi data ini.
  • Pada Number of Accounting Periods kita harus memilih berapa bulan periode akunting. Kemudian klik Next.

Pada tampilan selanjutnya adalah tampilan konfirmasi mengenai informasi akuntansi yang telah kita isi sebelumnya. Informasi tersebut tidak dapat diubah setelah file perusahaan dibuat. Jika terdapat kesalahan dalam pengisian informasinya klik tombol Back untuk mengubahnya, namun jika benar maka dapat langsung di klik Next.

la_5

Tampilan selanjutnya adalah Accounts List. Pada tampilan ini kita diminta untuk memilih seperti apa kita ingin membangun accounts list perusahaan. Jika kita ingin memulai dengan daftar yang telah disediakan oleh MYOB Premier maka pilih pilihan yang pertama. Jika ingin memasukkan daftar akun yang disediakan oleh akuntan perusahaan setelah pembuatan file perusahaan maka pilih pilihan ke dua. Jika kita ingin membangun sendiri daftar akun perusahaan kita sendiri maka pilih pilihan ke tiga kemudian klik tombol Next.

la_6

Tampilan selanjutnya adalah Company File. Nama file perusahaan akan sama dengan nama perusahaan yang kita isi pada Company Information sebelumnya. Kita dapat mengubah nama atau letak dimana kita akan menyimpan file kita. Klik tombol Next untuk membuat file perusahaan kita.

la_7

Pada tampilan Conclusion file perusahaan telah jadi. Terdapat 2 pilihan pada Conclusion. Jika kita ingin melanjutkan penyesuaian file akuntansi perusahaan maka klik tombol Setup Assistant tapi jika kita ingin langsung memulai pengisian transaksi maka klik tombol Command Centre.

la_8

Sekianlah cara membuat data perusahaan baru di MYOB. Semoga bermanfaat ^^

 

Iklan