Jika sebelumnya sudah dibahas tentang apa itu 4ICU mari kita bahas lembaga pemeringkat universitas lainnya yaitu Webometric. Dibanding dengan 4ICU, Webometric lebih terkenal dan sering menjadi patokan untuk melihat universitas terbaik.

Webometric adalah…

Peringkat Webometric, atau juga dikenal sebagai Ranking Web of Universities, adalah sistem peringkat untuk universitas-universitas di dunia berdasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi Web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Peringkat ini diterbitkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok peneliti dari Dewan Peneliti Nasional Spanyol (Inggris: Spanish Nationan Research Council (CSIC)) yang berlokasi di Madrid.

Tujuan dari Peringkat ini adalah untuk meningkatkan kehadiran akademik dan institusi peneliti di Web dan juga mempromosikan hasil publikasi ilmiah terbuka. Pemeringkatan ini dimulai pada tahun 2004 dan diperbarui setiap Januari dan Juli. Sampai saat ini pemeringkatan telah mencakup lebih dari 24.000 Institusi Perguruan Tinggi di seluruh dunia.

Metodologi Penilaian

Data dikumpulkan antara tanggal 1 dan 20 Januari atau Juli, tergantung pada edisi. Setiap variable diperoleh setidaknya dua kali selama periode tersebut dan nilai maksimum dipilih untuk mengurangi kesalahan atau error. Ketidakstabilan pada search engine sangat tinggi sehingga angka dapat berbeda dan tidak mudah ditiru jika pencarian dilakukan kemudian hari. Info pada google berdasarkan pada daerah geografis(contoh: pencarian pada google.co.id akan menampilkan laman dari Indonesia), sehingga google.com digunakan, Bahasa Inggris sebagai bahasa antarmuka dan Madrid (Spanyol) sebagai lokasi. Akan tetapi, Google Scholar sangat stabil dan dan link penyedia informasi juga sangat handal. Publikasi terakhir dilakukan sekitar akhir Januari atau Juli, biasanya setelah tanggal 28.

Angka yang dipublikasikan adalah PERINGKAT, dimaksudkan untuk menampilkan kinerja individu, tetapi bukan nilai yang digunakan dalam perhitungan. Pada peringkat universitas Webometric, terdapat 4 Peringkat yaitu Presence Rank, Impact Rank, Openness Rank, dan Excellence Rank. Karena masalah teknis beberapa perubahan telah dilakukan:

  • Mengenai PRESENCE. Total jumlah web, menurut Google, tidak termasuk file pdf. Bobot : 10%
  • Mengenai VISIBILITY/IMPACT. Nilai ini diperoleh dengan mendapatkan kembali nilai yang lebih besar dari dua penyedia inlinks (tautan dari sebuah situs menuju situs orang lain) yaitu ahrefs & Majestic. Bobot: 50%
  • Mengenai Openness. Jumlah total file pdf berdasarkan Google. Bobot: 10%
  • Mengenai Excellence. Jumlah artiket-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking. Bobot: 30%
  • Kriteria mengenai Visibility. Untuk menghindari keputusan subjektif, Webometric mengadopsi kriteria kuantitatif. Apabila terdapat universitas yang melakukan kecurangan seperti membeli link untuk menaikkan jumlah link atau membuat banyak link ke halaman web universitas menggunakan sistem yang mempromosikan pembajakan, obat-obatan terlarang, pornografi dan terorisme maka universitas tersebut akan diberi nilai 0(peringkat ditandai 99999).
  • Kriteria mengenai Openness. Apabila jumlah koleksi file pdf berjumlah lebih dari sepertiga dari ukuran total(jumlah item) dari webdomain tersebut maka indicator Openness akan ditandai 99999 dan nilai baku untuk perhitungan indukator gabungan akan menjadi 0.

Peringkat Universitas


Jika berdasarkan 4ICU MIT menduduki peringkat 1 sebagai Universitas terbaik di dunia maka pada peringkat Webometric MIT berada diurutan ke 2 setara dengan Stanfodr University dan dibawah Harvard University. Hal yang menarik jika kita membandingkan peringkat 4ICU dan Webometric, jika pada 4ICU hanya ada 1 universitas diluar Amerika Serikat yang masuk dalam 20 besar Universitas terbaik, pada peringkat Webometric terdapat 4 Universitas diluar Amerika Serikat seperti University of Oxford (Inggris), University of Cambridge(Inggris), University of Toronto(Kanada), dan Eidgenössische Technische Hochschule ETH Zürich / Swiss Federal Institute of Technology Zurich(Swiss). Tentu ini disebabkan karena metodologi penilaian yang berbeda. Bagaimana dengan Universitas di Indonesia?

Hasil yang berbeda juga ditunjukkan pada peringkat Webometric. Jika pada peringkat pertama 4ICU diduduki oleh Institut Teknologi Bandung, maka pada peringkat pertama Webometric adalah Universitas Indonesia.

Inilah sedikit penjelasan tentang Webometric. Semoga bermanfaat ^^

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Webometrics_Ranking_of_World_Universities (diakses 14 Juni 2016)

http://www.webometrics.info/en/node/164 (diakses 14 Juni 2016)

http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20 (diakses 14 Juni 2016)

http://www.webometrics.info/en/world (diakses 14 Juni 2016)

Iklan