Apa itu Research Gate?

Sosial media digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan banyak orang dari kalangan manapun. Seperti Facebook, Twitter, Path dan lainnya menjadi media saling ‘bagi’ dan ‘memberi’ kepada pihak yang mereka kehendaki. Lah maksudnya apa? Membagi disini adalah bagaimana pemilik akun membagi baik itu curhatan, foto, video atau segala hal yang bisa mereka bagi atau istilahnya kekiniannya sharing ke sosial media mereka. Tak hanya membagi, pemilik akun sosial media juga memberi seperti meninggalkan komentar di status temannya, memberi like dan sejenisnya sebagai respon mereka terhadap sesuatu yang dibagi oleh orang lain. Meskipun sosial bukan berarti mencakup semua orang. Ada istilah friend di Facebook atau following dan follower di Twitter yang artinya ada batasan pihak-pihak yang pemilik akun sosial media itu kehendaki untuk dapat melihat apa yang pemilik bagi dan beri. Bahasa cukup sulit dimengerti ya? hahaha… Terus apakah ada sosial media yang khusus untuk bidang tertentu?

Di dunia penelitian ada salah satu yang dikenal sebagai media sosialnya para researcher yaitu ResearchGate. Nah ResearchGate ini adalah situs media sosial untuk para ilmuan dan peneliti untuk membagi paper mereka, tempat saling bertanya dan menjawab pertanyaan, dan menemukan teman kerja sama. Berdasarkan penyelidikan(hoho) oleh Nature(majalah jurnah terkenal) dan sebuah artikel di Times Higher Education, ternyata ResearchGate adalah sosial media akademik terbesar dalam hal banyaknya pengguna aktif.

Bagaimana cara membaca paper dari para ilmuan di ResearchGate? Etts ga bisa langsung baca, karena pertama harus punya akun di ResearchGate dulu. Login bisa dilakukan dengan menggunakan akun Linkedin dan Facebook atau mendaftar sebagai researcher atau mahasiswa seperti penulis ini. Pengguna yang ingin mendaftar harus mempunyai alamat email pada institusi yang diakui atau dikonfirmasi secara manual sebagai peneliti yang telah menerbitkan paper agar dapat mendaftarkan akun. Masing-masing pengguna memiliki profil penguna dan dapat mengunggah hasil penelitian mereka termasuk paper, data, hasil negatif, paten, proposal penelitian, metode-metode/ cara-cara, presentasi, dan source code program mereka. Namanya juga sosial media maka pengguna bisa mengikuti aktivitas pengguna lain dan mengajak diskusi bersama mereka. Ga mau kalah dengan sosial media lainnya, kita juga bisa memblokir interaksi dengan pengguna lain.

 

Mengapa ResearchGate itu menarik?

Mendaftar di ResearchGate itu gratis dan sekarang sudah memiliki hampir 3 juta pengguna terutama di bidang ilmu pengetahuan. Beberapa keuntungan yang diperoleh oleh peneliti seperti berikut:

  1. Dapat membagi publikasi atas penelitian mereka
  2. Dapat berhubungan dengan rekan kerja
  3. Dapat menemukan teman kerja baru untuk sama-sama melakukan penelitian
  4. Memperoleh statistik dan metrik pada penggunaan publikasi yang telah diunggah
  5. Bertanya dengan peneliti diseluruh dunia yang memiliki ketertarikan yang sama
  6. Membantu dalam mencari pekerjaan atau perekrutan

ResearchGate menggabungkan banyak elemen yang bisa ditemukan pada situs sosial media seperti:

  1. Membuat profil
  2. Menyukai atau mengikuti peneliti dan publikasiannya
  3. Dapat menyimpan publikasi yang disukai
  4. Dapat mengomentari atau mengirimkan umpan balik
  5. Dapat membagikan berita dan perbaruan dengan mudah dan cepat

Teks publikasi penuh yang diunggah ke ResearchGate diindeks oleh Google loh.

ResearchGate berisi informasi berguna tentang jurnal, seperti faktor-faktor dampak, metrik dan beberapa rincian kebijakan akses terbuka – yang dalam hal ini sangat berguna untuk membawa informasi disuatu tempat yang sama.

 

Kekurangan

Apapun pasti tidak akan luput dari kekurangan. Jika sebelumnya telah dijabarkan beberapa kelebihan dari ResearchGate, ternyata kekurangannya juga ada.

ResearchGate mengklaim bahwa memiliki 9 juta pengguna namun hanya sedikit akun yang secara aktif mempertahankan dan memperbarui akunnya. Banyak profil yang hanya memiliki sedikit publikasi dan banyak yang sudah lama tidak update. Persentase tertinggi anggota ResearchGate adalah pascasarjana dan selebihnya mahasiswa. Mungkin itu juga salah satunya alasan kenapa sedikitnya jumlah peniliti yang aktif di ResearchGate.

Dari beberapa review yang saya dapatkan di google banyak yang mengeluh tentang email spamming. Dalam sehari bisa beberapa email yang diterima, dari informasi follower terbaru atau update-update yang tidak terlalu penting. Meskipun hal ini bisa dihindari dengan mengatur Notifications pada Account Settings. Beberapa juga mengeluhkan kurangnya interaksi antar peniliti dan kualitas publikasi karena banyak publikasi yang tersedia di ResearchGate merupakan unggahan ilegal.

Salah satu tulisan yang menarik dibaca mengenai ResearchGate: Is ResearchGate Facebook for science?

 

Mengenal salah satu pengguna ResearchGate

Salah satu profile yang menarik perhatian saya ada Bapak Achmad Benny Mutiara. Beliau merupakan salah satu dosen di Universitas Gunadarma dan berdasarkan info dari Staffsite beliau saat ini mengajar matkul Algoritma Pemrosesan Paralel dan Simulasi & Modelling. Wow, coba liat Education Backgroundnya. Wow

rg

Yang membuat saya tertarik adalah jumlah publikasi beliau yang cukup banyak dibandingkan publikasi dari dosen-dosen Gunadarma lainnya. 73 Publications!!

rg1

Apabila kita lihat dari Overview, publikasi beliau telah dibaca 2.790an dengan 45 sitasi. Artikel terakhir yang diunggah pada tanggal 1 Maret 2016 dengan judul Performance Evaluation of Affinity Propagation Approaches on Data Clustering. Artikel ini tidak hanya ditulis oleh Bapak Achmad Benny Mutiara sendiri, tapi juga ditulis bersama dengan Ibu Rina Refianti dan Bapak(?) A.A. Syamsudduha. Ibu Rina Refianti juga merupakan dosen Universitas Gunadarma. Saya kasih tanda tanya itu karena beliau tidak terdaftar di ResearchGate dan setelah saya cari di Staffsite juga tidak aja. Betewe soal artikel, artikel yang diunggah ini ditulis dalam bahasa inggris dan jujur saya tidak mengerti isi artikelnya. Hahaha… Mungkin karena faktor bahasa inggris kali ya.

Pada tampilan Info, kita bisa melihat berapa jumlah Follower dan Following, Skills dan expertise, Topics, Research experience, Education, dan Other yang berisi tentang info Language dan Scientific Societies beliau.

rgInfo

rginfo2

Stats berisi statistik dari akun ResearchGate beliau. Pada gambar dibawah kita bisa lihat jumlah baca, sitasi serta jumlah Profile views.

rgstats

Kita juga bisa melihat dari negara mana saja sih yang membaca hasil publikasi beliau. Bisa kita lihat kebanyakan artikel beliau dibaca oleh orang Indonesia. Penulisan dalam bahasa inggris sangat membantu untuk penyebaran publikasi agar bisa dibaca tak hanya oleh orang Indonesia tetapi juga negara lain.

rgstats2

Jika kita lihat gambar dibawah kita bisa tahu publikasi apa yang paling banyak dibaca.

rgstats3

Di ResearchGate ini terdapat 2 sistem penilaian atau Score yaitu h-index dan RG Score. Apa sih itu?

h-index adalah cara paling mudah untuk mengukur dampak pekerjaan(publikasi) peneliti dan penilitian orang lain. Hal ini dilakukan dengan melihat jumlah publikasi yang paling berpengaruh berdasarkan yang telah dipublikasikan oleh peneliti. Semakin tinggi jumlah publikasi yang dikutip, semakin tinggi angka h-index. Penjelasan lebih lanjut tentang h-index bisa dilihat di sini. Nilai h-index Bapak Achmad Benny Mutiara adalah 4.

rg2

RG Score adalah metrik yang mengukur reputasi ilmiah berdasarkan bagaimana semua pekerjaan(publikasi) peneliti tersebut diterima oleh rekan-rekannya. Penilaian RG Score didasarkan pada bagaimana publikasian penulis dan kontribusi ke ResearchGate diterima oleh rekan-rekannya. Masih bingung? Hal tentang RG Score bisa dibaca di sini. Pada gambar diatas bisa kita lihat RG Score Bapak Achmad adalah 13.19 dan angka tersebut 52.5% dibandingkan member ResearchGate lainnya.

 

Sekian penjelasan singkat tentang ResearchGate. Bagaimana? Tertarik mempublikasikan hasil kerjaan kamu di ResearchGate ? 🙂

 

Sumber:

http://blogs.exeter.ac.uk/openresearchexeter/2013/11/06/74/ (diakses 30 April 2016)

https://en.wikipedia.org/wiki/ResearchGate (diakses 30 April 2016)

https://explore.researchgate.net/display/support/Scores (diakses 30 April 2016)

Iklan